Sunday, June 29, 2014

Apa Beda Blog dengan Website ?

Seorang kawan bertanya kepada saya dan hal itu sangat mendasar sekali. Apa sih beda Blog dan Website ?.

Website atau biasanya disebut juga dengan web saja, adalah kumpulan halaman yang bisa dilihat melalui software/program browser internet (Internet Explorer, Firefox, Google Chrome, Safari, Opera, dll), dimana menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya. Kumpulan halaman tersebut saling bertautan satu sama lain (hyperlink) yang membentuk satu/beragam rangkaian informasi.


Berdasarkan kegunaannya, website terbagi menjadi banyak nama turunan, misal : website company profile, shopping online, catalog online, news publishing, blog (weblog), forum, member online, dll.

Blog sendiri berasal dari kata Web dan Log, adalah sistem website yang berguna untuk organisir publikasi data teks, gambar, video, audio, dan animasi. Karena sistem blog dibangun menggunakan database, maka publikasi data terorganisir (berdasar waktu dan kategorisasi) dengan baik bagaikan sebuah buku log (catatan kronologis peristiwa).

Munculnya website sistem blog tidak bisa lepas dari asal sejarah penamaan Blogger. Blog pertama kali diciptakan oleh sebuah perusahaan IT di San Fransisco bernama Pyra Labs pada bulan Agustus 1999 dengan co-founder bernama Evan Williams dan Meg Hourihan. Program blog tersebut akhirnya diberi nama Blogger.

Blogger dimulai, dengan cara sederhana, dan akhirnya membesar, selama beberapa tahun. Pada akhirnya, Blogger dibeli oleh Google Inc pada tahun 2003 dan bertahan sampai sekarang. Oleh pendirinya, Blogger sejatinya berfokus untuk menolong orang memiliki suara mereka sendiri di web dan mengorganisasikan informasi dunia dari perspektif perorangan.

Karena blog adalah sebuah sistem website, maka programmer website berlomba-lomba menciptakan sistem blog yang bisa digunakan oleh orang awam sekalipun (user friendly). Maka bermunculan produk-produk sistem blog yang banyak kita jumpai, semisal blogspot.com, wordpress.com dll.

Jadi sebenarnya tidak ada pembeda antara website dan blog. Blog adalah salah satu jenis dari banyaknya jenis-jenis website.

Blog banyak digunakan oleh masyarakat online (netizen) yang suka menulis, publikasi gambar, audio dan video. Ciri blog itu sendiri adalah terdapat banyak artikel yang terorganinir berdasarkan tanggal dan kategori/topik.

Menulis di blog punya banyak tujuan, diantaranya untuk kesenangan pribadi dan ada kalanya untuk bisnis. Beragam topik tersaji di blog, ada blog topik politik, budaya, sosial, bisnis, jual beli online.

Sistem blog yang cocok untuk menulis dan bersifat non profit adalah wordpress.com. Jika menulis bertujuan untuk bisnis atau jual beli online, sebaiknya menggunakan blogspot.com. Aturan kedua sistem blog itu sudah jelas. Wordpress untuk non profit dan Blogspot bisa untuk segala hal, baik itu non profit ataupun profit.

No comments: