Monday, June 2, 2014

Syarat Website Yang Meyakinkan

Apakah website Anda mampu berikan kepercayaan ke pengunjung? Kepercayaan bakal jadi penentu konversi sales. Ketika lakukan bisnis online, keputusan membeli oleh pengunjung dipengaruhi cara kita meyakinkan bahwa website itu aman dan terpercaya.

Buat website itu mudah, tapi agar jadi media penjualan yang terpercaya adalah tantangan. Berikut tips supaya pengunjung percaya kepada Anda melalui website :


1. Kemudahan navigasi dan konten

Konten dalam website haruslah mudah ditemukan oleh pengunjung. Perhatikan navigasi konten website agar mudah dipahami oleh pengunjung. Misalnya penampilan menu tentang kami, produk, kontak, cara pembayaran, berita, dll. Menu harus terlihat jelas oleh pengunjung.

Website adalah representasi bisnis Anda. Buatlah pengunjung betah dan akhirnya memancing emosional untuk terciptanya konversi penjualan. Semisal, berikan artikel tips trik, opini, gambar menarik, video, fasilitas komentar, diskon, dll. Website adalah tempat menjual impian (selling dreams). Buat mereka percaya bahwa website Anda mampu wujudkan impian itu.

2. Alamat

Bisnis Anda meskipun online adalah nyata, ada orang dan alamat yang jelas. Pengunjung tetap butuh hal ini untuk meminimalkan resiko dalam berbelanja.

3. Kemudahan Komunikasi dan Transaksi


Pengunjung membutuhkan interaksi dengan pemilik website. Tujuannya bertanya dan kadangkala memastikan keberadaan produk Anda. Berikanlah fasilitas yang mempermudah komunikasi semisal online chat, sms, online form. Secepatnya membalas komunikasi mereka. Berikan juga panduan belanja dan transaksi pada website. Tunjukkan sistem order, pembayaran, pengiriman, dan garansi yang didapatkan.

4. Legalitas dan prestasi


Jika Anda mempunyai badan usaha, beri keyakinan lagi kepada pengunjung bahwa usaha Anda legal dan diakui oleh masyarakat melalui otoritas tertentu semisal pemerintah, asosiasi atau komunitas. Tunjukkan bahwa bisnis Anda digunakan oleh brand/perusahaan/institusi ternama. Tindakan pada poin ke 4 ini bisa dilakukan dengan menampilkan legalitas, piagam, foto/video kegiatan, dll.

5. Testimonial

Pengunjung website adalah bagian dari masyarakat sosial. Untuk memperkuat sebuah keputusan kadangkala mereka dengarkan saran dari orang lain yang pernah membeli produk Anda. Mintalah testimonial dari pelanggan Anda dan tampilkan di website. Ini salah satu cara meyakinkan pengunjung.

6. Update

Pernahkah terpikir maksud dari brand besar selalu iklan di media cetak dan elektronik? Mereka ingin selalu up to date kepada masyarakat. Memberitahukan bahwa brand itu punya produk baru, punya kegiatan, punya promo, dll. Anda bisa terapkan hal itu dengan selalu update kegiatan usaha melalui website.

Ciptakan menu bernama Berita atau menu terkategorisasi semisal promo, event, dll. Beritahukan secara rutin ke masyarakat tentang hal yang berkaitan dengan usaha Anda melalui tulisan, gambar, animasi, video ataupun audio.

Belum bisa menulis? Berikan fasilitas box Facebook, Twitter di website. Update status di social media adalah sama seperti menulis.

No comments: