Friday, May 30, 2014

Investasi Murah Bisnis Online

Jalanan semakin macet, jasa ekspedisi semakin banyak dan tawarkan harga pengiriman murah. Mencari produk tidaklah pusing di jalanan atau buka buku yellow pages. Masyarakat cenderung gunakan mesin pencari di internet semisal Google untuk cari barang. Hal tersebut pemicu orang untuk sediakan informasi di internet alias bisnis online.



Mari kita simak fakta yang berkaitan dengan dunia internet :
  • 82 juta internet users Indonesia tahun 2013 dan 2,4 milyar internet users dunia. (Statistik APJII & Internetworldstats.com)
  • 51 juta facebook users Indonesia dan 835 juta di dunia. (Statistik Wikipedia)
Masihkah sangsi atas potensi pasar di internet ?. Segera lakukan bisnis online dengan mempunyai website sendiri. Membuat website itu mudah, Anda bisa manfaatkan program website CMS WordPress, Joomla, Drupal, Opencart atau CMS toko online lainnya.

Resiko bisnis online sangat kecil dan mempunyai banyak keuntungan. Yaitu :

1. 24 jam online nonstop, dimana saja.

Website akan online 24 jam, tidak perlu tutup atau ganti shift. Bisa lakukan bisnis dimana saja dengan koneksi internet. Model bisnis ini bisa lakukan respon cepat ke pelanggan. Bayangkan jika ruko ? Bakal memikirkan jam kerja, biaya keamanan, dll.

2. Pangsa pasar luas, seluruh dunia.

Website dengan internet marketing hebat akan berpotensi menyebar di seluruh dunia. Bayangkan jika ruko? Bisnis Anda terkenal di daerah tertentu saja. Jika ingin lebarkan pasar, maka harus buka cabang lagi ditempat lain, sewa ruko lagi.

3. Akses pengelolaan bisnis mudah.

Cukup gunakan laptop sebagai alat kerja, dibantu smartphone untuk kebutuhan mobile, bisa merespon pelanggan, putuskan deal bisnis, sapa kolega, dll. Bagaimana dengan ruko ? Anda perlu memikirkan kabel LAN, memikirkan printer, fax, komputer server, dll.

4. Volume informasi bisnis lebih banyak.

Website bisa tampilkan ribuan produk. Bandingkan dengan ruko ? Berapa luasnya ruko itu? Hanya tampung ratusan produk saja, sisanya di gudang lain. Atau bandingkan dengan keberadaan brosur/CD interaktif/flash disk, dll ?. Terbatas.

5. Modal & Biaya operasional yang relatif kecil.

Modal website hanyalah membeli domain name (dot com) dan web hosting yang harga tidak sampai sejuta. Buat website bisa dipelajari dengan mudah, banyak buku tentang cara membuat website, program CMS, online shopping banyak bertebaran di internet siap diinstal. Bandingkan dengan nilai investasi ruko ?

6. Website adalah investasi.

Dengan biaya renewal domain name dan web hosting yang terjangkau, maka bisa diperpanjang selama bertahun-tahun. Website semakin lama semakin terkenal, misal sudah mencapai 5 tahun, biaya renewal domain name dan web hosting nya tidak sampai 5 juta. Trus kalau ruko ? Itu sewa dan di kota besar harga rata-rata sewa 40 juta/tahun lantas di tahun ke 5 harga sewanya apa tetap ? Tentu tidak. Bakal naik terus.


No comments: